Do the things you know, and you shall learn the truth you need to know

Install win XP & Win & dalam 1 PC

Mungkin beberapa alasan enggannya para pengguna Windows XP untuk beralih ke Windows Vista karena minimum Hardware CPU untuk menginstallnya kurang memadai untuk kantong bagi sebagian kalangan pengguna itu. Atau juga karena pengguna XP sudah ‘terlalu’ familier dengan Sistem Operasinya dan akhirnya jadi malas atau sulit untuk mulai “belajar” lagi untuk mengubah kebiasaan berkomputernya dengan Sistem Operasi yang baru.

Dan setelah diawal tahun Microsoft mengumumkan akan segera merelease Windows 7, banyak yang bertanya-tanya dan ingin mencicipi seperti apa sih ‘kehebatan’ Operating System terbaru keluaran Microsoft yang diproyeksikan untuk menggantikan Windows Vista ini, tetapi tanpa harus melakukan migrasi dari Windows XP-nya.

Cara yang paling mudah adalah dengan menginstall 2 (dua) Sistem Operasi didalam satu komputer. Jadi yang masih sayang dengan Windows XP-nya, sewaktu-waktu masih bisa masuk ke Sistem Operasi itu dengan memilihnya saat pertama kali menghidupkan komputer.

PERSIAPAN AWAL

* Siapkan DVD installer Windows 7 Beta
* Buatlah sebuah partisi baru yang berbeda (berdiri sendiri) dari partisi yang lain, dengan minimal sebesar 16 GB dalam harddisk anda. (apabila tidak ada partisi yang kosong, bisa diubah/edit partisi dengan memakai Software Partition Magic, Partition Editor, dll.)

INSTALASI

* Setting ‘First Boot‘ diarahkan ke CD/DVD-ROM pada menu Advance di BIOS kemudian di-Save dengan menekan tombol ‘F10‘. (bagi yang belum tau, untuk masuk dalam menu BIOS tekan tombol ‘DEL’ atau ‘F2′ saat pertama kali menghidupkan komputer)
* Masukkan DVD installer Windows 7 dan tekan sembarang tombol apabila muncul tulisan “Press any key to Boot from CD/DVD…“
* Hati-hati saat proses installasi berjalan, dan muncul pertanyaan “Which type of instalation do you want?” dengan dua pilihan installasi yaitu UPGRADE dan CUSTOM (ADVANCED).

* Pilih Custom (Advanced) dan kemudian pilih Partisi baru yang telah kita buat sebelumnya, dan tekan NEXT. Perhatian : Kalau anda memilih Upgrade, maka Windows XP (Partisi C akan tertindih dan digantikan oleh Windows 7.
* Installer akan memulai tahap awal dengan 3 pertanyaan, yaitu : Language to Install, Time and Currency Format, Keyboard or input method. Yang perlu diubah hanya Time and Currency Format menjadi “Bangkok, Hanoi, Jakarta (GMT +7)” dan kemudian tekan NEXT.

* Untuk Product Key, silahkan masukkan salah satu Key Code dibawah ini :
o 6JKV2-QPB8H-RQ893-FW7TM-PBJ73
o TQ32R-WFBDM-GFHD2-QGVMH-3P9GC
o GG4MQ-MGK72-HVXFW-KHCRF-KW6KY
o 4HJRK-X6Q28-HWRFY-WDYHJ-K8HDH
o QXV7B-K78W2-QGPR6-9FWH9-KGMM7
* Tunggu sampai proses selesai dan komputer akan melakukan Restart otomatis.
* Setelah restart, jangan tekan tombol apapun dan tunggu sampai tampilnya BOOT MANAGER dengan dua Pilihan :
o Earlier Version of Windows (pilihan untuk windows XP)
o Windows 7

* Dan pilih Windows 7 untuk melanjutkan proses Installasi.

* Begitu System masuk ke Windows 7, akan muncul Start Up dan Proses installasi tahap akhir akan berlangsung.

* Tunggulah beberapa menit dan Selesai. Windows 7 siap untuk dioperasikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s